Cara service kipas angin tidak berputar

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara service kipas angin yang tidak bisa berputar. Mungkin ini bagi para master service sudah paham,namun sebagian para pemula mungkin sulit untuk memperbaiki kipas angin yang seperti ini. 

Pertama kemungkinan kerusakan terjadi pada as baling baling yang telah seret atau aus,dan yang ke dua kerusakan pada kabel yang putus, sekring pemanas yang putus Dan kawat spul yg sudah kebakar.

Cara memperbaiki:
1. Bongkar kipas dengan cara membuka baut atau sekrup pada kipas.
2. Bersihkan kipas dari debu dengan kuas.
3. Setelah bersih beri sedikit stempet atau oli pada as magnit.Coba nyalakan kipas,apabila belum nyala atau berputar berarti kemungkinan kerusakan ada pada kabelnya.
4. periksalah apa ada kabel yg putus dengan avometer,kalo ada yang Putus sambung atau ganti dengan yang baru.nyalakan kipas. Apabila sudah diganti kabelnya tapi masih belum nyala.Berarti  Kemungkinan kerusakan ada pada fuse atau sekring.
5. Buka baut pada mekanik kipas,lalu lepaskan gulungan sepul dengan hati-hati,putus atau potong tali pada gulungan yang ada kabel besar yang disitu terdapat ada fuse atau sekring,ambil dan sambungkan langsung kabel dengan kawat sepul atau ganti fuse dengan yang baru.

Atur kembali seperti semula kabelnya dan ikat kembali seperti semula. Nyalakan kipasnya. Apabila belum nyala berarti kerusakan terjadi pada gulungan sepulnya,beli sepul yang baru atau di gulung atau di sepul sendiri.

Selamat mencoba semoga berhasil. Salam sukses selalu!…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »