Rekomendasi Aplikasi Android untuk Pengaturan, Otomasi, dan Keamanan

Android sebagai sistem operasi untuk telepon genggam semakin banyak digunakan di Indonesia. Hampir semua telepon genggam berbasis Android yang beredar di pasaran adalah telepon pintar atau smartphone yang bisa melakukan banyak hal. Aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat Anda install di telepon genggam Android Anda agar ia tidak hanya digunakan untuk social media, game, telepon, dan sms saja, berikut ini adalah bagian pertama dari rekomendasi saya, aplikasi-aplikasi pengaturan, personalisasi, otomasi, dan keamanan.

Pengaturan dan Personalisasi


ADW Launcher
Untuk pengguna yang ingin telepon genggamnya lebih gaya dan lebih personal, umumnya menggunakan launcher. Launcher yang cukup terkenal di Google Play contohnya GoLocker atau Nova Launcher, tapi saya lebih suka ADW Launcher karena saya menggunakan tema Minimalist.

Button Savior
Ini aplikasi untuk memunculkan tombol virtual di layar untuk menggantikan tombol pada telepon genggam Anda. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk menggantikan tombol yang sudah ringkih atau rusak, tapi baik juga untuk jalan pintas ke telepon atau aplikasi yang terakhir digunakan. Untuk telepon genggam yang di-root, gunakan versi root , untuk yang tidak di-root, install versi nonroot. Kalau membeli pro key Anda dapat mengubah susunan tombol dan mengubah jalan pintas.

Swipepad
Sesuai namanya, aplikasi ini berguna untuk membuat jalan pintas ke aplikasi lainnya tanpa perlu kembali ke Home dengan ayunan jari Anda. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang paling saya anjurkan untuk di-install karena sangat memudahkan untuk multi-tasking. Di versi FREE-nya tidak terdapat fasilitas Widget, recent task, dan dialer.

Gesture Search
Dengan aplikasi ini Anda dapat mencari aplikasi dan kontak dengan menuliskan hurufnya satu demi satu. Cocok untuk yang mempunyai aplikasi yang banyak jumlahnya.

Widgetsoid
Aplikasi yang ini dapat membuat satu set tombol widget untuk fungsi-fungsi Anda yang dapat disesuaikan sesuai tema, dapat dipindah bersamaan dan bisa digunakan untuk menggantikan menu-menu pada notification bar.

Screen Filter
Bila layar Anda terlalu terang atau menginginkan penghematan baterai dari layar, Anda dapat menggelapkan layar dengan aplikasi ini. Bila ingin warna layar dimerahkan untuk mode malam atau pengaturan lebih lanjut, Screen Adjuster lebih tepat digunakan.

Minimalistic Text
Dapat membuat widget berbasis tulisan pada layar untuk menuliskan data Anda, tanggal, jam, atau informasi lain. Dapat pula dikombinasikan dengan aplikasi Tasker.

Otomasi


3G Watchdog

Bagus digunakan untuk Anda yang memiliki limit internet prabayar. Aplikasi ini dapat memberi peringatan penggunaan data harian, mingguan atau bulanan, dapat membuat perkecualian untuk aplikasi atau waktu tertentu, dan dapat langsung memutuskan koneksi internet bila kondisi telah terpenuhi. My Data Manager dapat digunakan sebagai alternatif.

Tasker
Menurut saya merupakan aplikasi otomasi yang paling baik. Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis, hanya saja memiliki masa trial selama 7 hari. Dalam masa 7 hari tersebut kita dapat mengeset dan mengubah-ubah otomasi yang kita inginkan. Setelah masa trial, aplikasi dapat tetap berjalan, hanya saja tidak dapat diubah-ubah. Anda dapat membuat bermacam-macam otomasi yang Anda inginkan seperti misalnya, nyalakan paket data setiap jam, mode silent saat anda berada di sekitar lokasi kerja, mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi sesuai aplikasi yang dibuka, dan lain-lain. Bila Anda memiliki kemampuan pemrograman, Anda dapat melakukan otomasi-otomasi yang lebih kompleks lagi. Aplikasi yang lebih mudah digunakan dan FREE contohnyaLlama atau yang berbasis perintah gerakan, Magus.

Sistem


ES File Explorer

File explorer yang sangat bagus, dapat digunakan untuk data Anda yang berada di Cloud dan di jaringan LAN. Dapat pula digunakan untuk backup aplikasi (berguna apabila Anda meng-update app Anda tapi Anda tidak menyukai versi yang lebih baru), memiliki download manager, video player, image viewer, dan bermacam-macam fungsi lain.

ROM Toolbox (Root)
Bila telepon genggam Anda di-root, Anda dapat melakukan bermacam hal dengan aplikasi ini, termasuk menghilangkan iklan, mengganti font huruf dan tema, serta mengubah animasi yang muncul saat menyalakan telepon genggam.

Titanium Backup (Root)
Untuk mem-backup data telepon genggam Anda. Hanya untuk telepon genggam yang telah di-root.

Superuser (Root)
Untuk memberi izin akses root.

Keamanan


Where’s My Droid

Memberi Anda peringatan saat telepon genggam Anda hilang atau tertinggal. Dapat diatur dengan mengirim pesan sms atau saat telepon dimatikan.

Hide Pictures – Hide It Pro (Audio Manager)
Sebenarnya bukan merupakan Audio Manager. Di luarnya, aplikasi ini adalah aplikasi pengatur suara yang benar-benar bekerja, tetapi sebenarnya aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menyembunyikan program atau file Anda yang tidak ingin dibuka-buka orang lain saat Anda meminjamkan telepon genggam Anda.

SafeLock
Dapat mengunci aplikasi yang Anda inginkan baik dengan nomor, pola, maupun pengenalan suara.

Lookout
Aplikasi Antivirus yang juga dapat bekerja sebagai aplikasi back-up dan peringatan telepon genggam hilang.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat dapat Anda install pada telepon genggam Anda. Rekomendasi aplikasi-aplikasi di bidang lain dapat Anda baca pada artikel Saya selanjutnya.

Share this

Related Posts

First